Linguistik





Linguistik
What’s Linguistic?
Linguistik  diturunkan dari bahasa latin lingua yang artinya bahasa, sedangkan bentuk dasar lingua  ini dalam bahasa percancis menajdi langua/langage dan dalam bahasa inggris dipadankan dengan language , dalam bahasa arab sama dengan lughah.
Linguistik adalah ilmu tentang bahasa atau penyelidikan bahasa secara ilmiah (Kridalaksana). Secara etimologis menurut Soeparno linguistic adalah disiplin ilmu yang mempelajari bahasa secara luas dan umum. Yang popular linguistic dinyatakan sebagai ilmu yang mempelajari tentang  bahasa yang mana objek kajianya adalah bahasa.  Bahasa sebagai objek kajian linguistic dapat kita bandingkan misalnya kalau dalam fisika objeknya adalah peristiwa-peristiwa alam.
Ilmu linguistic sering disebut juga dengan linguistic umum. Hal itu dikarenakan ilmu linguistic tidak hanya membahas satu bahasa, atau speifik tertentu, missal bahasa Jawa, bahasa Indonesia, Bahasa Arab, melainkan mengkaji seluk beluk bahasa secara keseluruhan yang ada dunia;baik bahasa daerah atau pun tidak. Dalam linguistik mempelajari semua unsur-unsur bahasa yang ada  mulai dari yang terkecil hingga terbesar, urutannya sebagai berikut
Fon
Fonem
Morfem
Kata
Frase
Klausa
Kalimat
Wacana

Linguistic sangat mementingkan data empiris dalam melaksanakan penelitiannya. Hal tersebut tidak boleh di aduk-aduk dengan ideology si peneliti. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan data empiris, kemudian menganalisis serta mengklasifikasikannya. Setelah semua itu usai baru dapat ditarik kesimpulan umum berdasarkan data yang diperoleh. Sebagai ilmu empiris maka linguistic berusaha mencari keteraturan atau kaidah-kaidah yang hakiki dari bahasa yang ditelitinya, oleh sebab itu linguistic juga sering disebut dengan ilmu  nomometik. 
Bahasa menjadi objek kajian linguistik bukan  sebagai apa-apa, melainkan sejalan dengan cirri-ciri hakiki bahasa yang memiliki bunyi ujaran, bersifat unik, bahasa meruapakan sebuah sistem, dan bahasa juga bersifat dinamis, artinya dapat berubah sewaktu-waktu.

Bibliogrhapy
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta:Rineka Cipta
Buku Teori Linguistik yang ditulis oleh Ubaidillah, M.Hum dosen sekaligus kajur Sastra Inggris UIN Sunan Kalijaga.



Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Novel

Tips-Tips Menulis Praktis Dengan Rumus (7W+1H)

Tips-tips Bagi Aktor Pemula Dalam Teater.

Hutan Pinus Mangli, Magelang