Hutan Pinus Mangli, Magelang





Magelang merupakan daerah dataran tinggi yang bersuhu dingin karena disekitarnya terdapat gunung-gunung nan hijau yang menjulang tinggi, contohnya terdapat Gunung Tidar, Gunung Andong, Telomoyo, dan lainnya.
Hal tersebut memunculkan nuansa hijau nan sejuk, contohnya adalah wisata ‘Hutan Pinus Mangli’ yang terletak di lereng gunung Andong  yang berada tepat di Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah.
Hutan Pinus Mangli merupakan wilayah yang dilindungi oleh Perhutani.  Hutan Pinus Mangli ini selain sebagai tempat untuk melestarikan pohon pinus, juga difungsikan sebagai tempat wisata. Hutan Pinus yang letaknya persis dilereng  gunung Andong menjadikan tempat ini cocok untuk dijadikan refreshing, swafoto dan untuk  menikmati keindahan alam dengan hamparan rumput hijau dan pohon pinus yang berjajar rapi mengitari. Di wilayah ini juga sangat recomended sekali jika ingin mengadakan camping, selain view yang menarik juga medan wilayahnya yang strategis untuk dijadikan area permainan dalam perkemahan atau pun pramuka.
Seperti wisata pada umumnya dalam hutan Pinus Mangli juga tersedia fasilitas seperti area parkir, musholla, toilet yang berada di dalam wilayah wisata hutan Pinus Mangli dengan kesejukan air pegunungan yang sangat dingin. Terdapat juga lapangan mini dekat toilet yang biasa digunakan untuk wide game ketika ada  sekelompok orang melaksanakan kemah di hutan Pinus Mangli. Selain itu banyak juga pengunjung yang datang sekedar untuk berfoto atau menikmati pemandangan untuk menyegarkan pikiran dan menyusuri hutan Pinus Mangli sembari duduk-duduk santai di gubuk-gubuk kecil yang dibuat sebagai rest area . Mengingat wisata ini untuk semua kalangan meski dominan adalah pasangan sejoli atau sekelompok mahasiswa/i berkemah disediakan juga taman bermain mini dengan aneka permainan, yaitu  ayunan dan seluncuran. 
Setelah pengunjung membeli tiket dan masuk maka akan menemui jembatan yang panjangnya sekitar 4-6 meter yang menghubungkan ke area hutan Pinus, jembatan itu biasa disebut jembatan cinta yang dibawahnya merupakan ‘kali’/sungai, jembatan ini beberapakali diperbarui setiap mulai lapuk mengingat  jembatan ini hanya terbuat dari bambu.

 Hutan Pinus Mangli biasa dibuka mulai jam 08.00 pagi-18.00 dengan harga tiket Rp.10.000 dua orang  dan 1 motor. Cara akses menuju Hutan pinus juga tidak terlalu sulit karena jalannya sudah aspal, namun kendalanya adalah jalanan yang berkelok dan tanjakaan yang sangat tajam dan panjang. Tips untuk mengunjungi tempat ini pertama adalah pastikan kendaraan anda kuat, entah sepeda motor, mobil, truck ataupun bus, dan bensin terisi penuh. Kedua siapkan uang didalam dompet dan yang ketiga adalah ajak orang tercinta(jika ada). Upzz ..!
Terakhir, ada bonus bagi pengunjung yang ingin berziarah ke Mbah Mangli, karena jaraknya sangat dekat hanya sekitar 5 menit jika ditempuh dengan sepeda motor.

Sekian tentang Hutan Pinus di Magelang ini.. !
Tunggu Trip dan Adventure selanjutnya ya Guys.. ! semoga informasinya bermanfaat.





Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Novel

Tips-Tips Menulis Praktis Dengan Rumus (7W+1H)

Tips-tips Bagi Aktor Pemula Dalam Teater.